Per Ardua Ad Astra

Friday, January 24, 2020

Perpanjangan SIM C di Kebumen

Seseorang sedang mengisi form perpanjangan SIM di ruang tunggu. 
Halo gaes, hari ini saya mau berbagi pengalaman dalam memperpanjang SIM C di area Kebumen. SIM saya expired pada 27 Januari 2020, dan saya melakukan perpanjangan pada 24 Januari 2020. Sebelumnya saya tidak tahu jika SIM C saya expired bulan ini tanpa adanya operasi kendaraan di area Prembun, Kebumen. Sisi baiknya dari operasi tersebut yaitu memberi tahu informasi terkait surat-surat berkendara dan info mengenai persyaratan perpanjangan SIM. Berikut sedikit yang bisa saya bagikan mengenai pengalaman dalam memperpanjang SIM C di Sat Lantas Polres Kebumen di Jalan HM Sarbini, Mertokondo, Bumirejo, Kebumen. Sebelumnya, untuk lokasi perpanjangan SIM di Kebumen bisa dilayani di Sat Lantas Polres Kebumen dan Gedung Haji beralamat di Jalan Veteran No.22, Kebumen. Perlu diingat ya, di Gedung Haji hanya melayani perpanjangan SIM saja, tidak termasuk pembuatan SIM baru. Adapun persyaratan beserta detailnya terkait perpanjangan masa berlaku SIM tersebut diantaranya;

  1. FC KTP 2 lembar dan bawa KTP asli
  2. SIM Asli yang masa berlakunya akan segera berakhir atau expired
  3. Surat Keterangan (SK) Sehat dari Asrama Bhayangkara Kebumen di Jalan HM Sarbini No.83, Kebumen. Untuk mendapatkan SK Sehat, pemohon bisa antre di bagian pintu masuk (tanya ke petugas karena biasanya tempat ramai dan antrean panjang). Setelah mendapatkan nomor antrean, pemohon menunggu di ruang tunggu sampai dipanggil nomornya dan harus mempersiapkan KTP asli. Kemudian petugas akan mengecek tinggi badan dan berat badan. Setelah itu, pemohon harus membayar Rp.40.000,- untuk biaya cek kesehatan tersebut dan akan mendapatkan (secarik kertas) detail dari hasil cek kesehatan tersebut. Dan tahap terakhir, pemohon menunggu di bagian komputer dan petugas akan mengecek detail, KTP asli, dan pengambilan foto kemudian akan diproses untuk SK Sehat yang akan digunakan untuk perpanjangan SIM. Jam operasional Asrama ini mulai pukul 07.00 s/d 15.00 WIB. Untuk menghindari antrean yang panjang, pemohon sebaiknya datang awal.
  4. Form Perpanjangan SIM. Form tersebut dapat didapatkan dari petugas yang ada di gardu depan di dekat pintu gerbang. Sebelum masuk ke gedung utama, pemohon lapor ke petugas di gardu depan dan sekaligus diminta untuk menunjukkan FC KTP 2 lembar, SIM asli, dan SK Sehat. Kemudian akan diberikan form untuk diisi setelah memenuhi persyaratan tersebut. Pengisian form bisa dilakukan di dalam gedung yang menyediakan pulpen. Apabila mengalami kesulitan dalam mengisi form, sebaiknya tanyakan ke petugas yang berjaga di loket. Setelah mengisi form tersebut dengan lengkap, kemudian pemohon menyerahkannya beserta FC KTP 2 lembar, SIM Asli, dan SK Sehat di loket nomor 1 serta menyiapkan biaya administrasi Rp.75.000,-. Setelah itu, pemohon menunggu di kursi tunggu untuk dipanggil namanya oleh petugas. Saat dipanggil oleh petugas, pemohon akan mendapatkan form cetakan sekaligus diminta untuk ke ruang foto. Saat di ruang foto, pemohon menyerahkan form tersebut dan bisa merapikan diri serta disarankan untuk berpakaian rapi. Petugas juga menyediakan baju lengan panjang berkerah dan batik apabila pemohon tidak memakai pakaian yang laik. Setelah siap dan rapi, petugas akan mempersilahkan duduk, melakukan verifikasi data sebelum diproses lanjut seperti data pribadi, dan mengambil sidik jari dari tangan kanan dan kiri, serta melakukan tanda tangan. Setelah itu, petugas akan mengambil foto pemohon. Setelah foto, petugas mempersilahkan pemohon untuk menunggu pencetakan SIM di luar ruangan dan akan dipanggil saat SIM sudah dicetak. Jadi untuk total biaya perpanjangan SIM C di Kebumen sebesar Rp115.000,-. Semoga membantu dan segera melakukan perpanjangan SIM sebelum expired untuk menghindari pembuatan ulang. Terima kasih!

1 comments:

  1. Menemukan artikel yg tepat di saat yg tepat. Trims mas Adi Suseno

    ReplyDelete