Per Ardua Ad Astra

Saturday, December 9, 2017

Seleksi USAID Prestasi

Keluarga baru di P3C4 2018. Alhamdulillah.

Sebelum mendaftar beasiswa USAID Prestasi untuk angkatan 4, saya mencari informasi “proses seleksi USAID Prestasi”. Proses pencarian pun mulai dari alam gaib sampai dunia maya. Hari demi hari, kemajuan pun tak kasat mata. Ternyata, keterbatasan informasi terkait pengalaman penerima beasiswa di tahun-tahun sebelumnya pun cukup langka. Harapan pun pupus setelah beberapa hari hanya mendapat sedikit informasi. Yah, hal tersebut karena beasiswa USAID Prestasi dengan Program Master baru memberangkatkan 3 angkatan; 2015, 2016, dan 2017, dan angkatan 4 yaitu peserta yang akan diberangkatkan pada tahun 2018. P3C4 2018, nama gaulnya USAID Prestasi untuk angkatan 4, singkatan dari Prestasi 3 Cohort 4. Seleksi P3C4 2018 dimulai dari Juli sampai September 2017. Pengalaman saya, panitia dari USAID Prestasi mensosialisasikan program beasiswa ini melalui media sosial pada Juli 2017. Batas akhir pengumpulan berkas juga cukup singkat yaitu 31 Juli 2017. Kemudian pengumuman tes wawancara pada bulan September 2017. Oktober 2017, pengumuman penerima beasiswa pun menyusul. Pengumuman tes wawancara dan penerima beasiswa diberitahukan secara pribadi melalui email masing-masing. Yuk, simak proses seleksi berdasarkan pengalaman saya.

Proses seleksi USAID terbagi menjadi dua yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Seleksi administrasi yaitu seleksi berkas para calon penerima yang meliputi kelengkapan, konten, keaslian, dan dokumen pendukung lainnya. Pada pengisian berkas, application form yang disediakan oleh panitia, para calon mendeskripsikan pengalaman kerja beserta perannya, mendeskripsikan keterlibatan diri dengan aktivitas sosial beserta perannya, dan membuat essay mengenai kepemimpinan, tantangan study abroad, rencana studi di Amerika, surat rekomendasi, serta isu dan tantangan di bidang masing-masing. Selain itu, untuk menambah poin plus, para calon penerima juga bisa menambahkan dokumen pendukung lainnya seperti publikasi jurnal dan/atau penghargaan. Pengalaman saya juga melampirkan bukti publikasi jurnal internasional dan nasional serta menambahkan bukti penghargaan sebagai Mapres, kejuaraan LKTI tingkat Nasional, dan keterlibatan dalam perlombaan level internasional di Malaysia. Semua yang diisi pada form wajib disertakan lampiran fotokopi dokumen. Selain itu, hal yang harus diperhatikan adalah “BU”-- BE YOURSELF -- dalam mengemas deskripsi pengalaman riil, konten pun diusahakan yang sederhana, jelas dan menjawab pertanyaan, serta jangan lupa sharing dengan alumni USAID Prestasi atau temannya agar mendapat umpan balik.

One step closer.......
Surat rekomendasi, bagi saya, adalah hal yang krusial dalam mendukung aplikasi para calon penerima beasiswa. Bidikan yang tepat sesuai dengan ranahnya masing-masing juga cukup mujarab sebagai obat pendukung aplikasi. Pengalaman saya yaitu surat rekomendasi mewakili instansi tempat kerja, organisasi sosial di masyarakat, dan instansi Perguruan Tinggi sebelumnya. Pada instansi tempat kerja, saya mengajukan permohonan surat rekomendasi kepada Ketua Yayasan sebagai pimpinan tertinggi di tempat kerja. Pada instansi organisasi sosial di masyarakat, saya juga membidik ketua organisasi untuk mengisi surat rekomendasi. Dan pada instansi Perguruan Tinggi, Ketua Jurusan Program Studi (Prodi) merupakan hal wajib terkait pengalaman studi karena untuk mendeskripsikan kegiatan kita pada saat mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi dan dukungan kemampuan kita dalam memperoleh kesempatan pendidikan selanjutnya.

Congrats....
Setelah seleksi administrasi, para peserta yang lanjut ke seleksi wawancara akan dihubungi melalui email masing-masing. Jangan lupa bersyukur, Alhamdulillah, dan langsung kabari orang tua dan saudara terdekat biar dapat duit jajan tambahan. Weh, tujuannya minta doa restu lah. Pada pengumuman tersebut, tercantum deskripsi jadwal wawancara dan informasi penting terkait wawancara. Info wajib: baca petunjuknya dan hubungi kontak yang tertera jika ada hal yang kurang jelas, dan jangan lupa konfirmasi. Teknis dari seleksi wawancara sendiri terbagi menjadi beberapa hari. Pengalaman saya, peserta wawancara calon penerima beasiswa P3C4 2018 yaitu 60-an peserta. Pembagian hari wawancara berdasarkan field masing-masing; kesehatan, hukum, ekonomi, pendidikan, dan lingkungan. Setiap wawancara akan dihadapkan oleh 3 pewawancara dan 1 observer. Pewawancara mempunyai tugas masing-masing sesuai dengan kompetensinya. Pengalaman saya di field pendidikan, ada 3 pewawancara; satu orang yang fokus pada future plan dan karakteristik pribadi, satu orang fokus pada leadership experience, dan satu orang fokus pada field pendidikan. Sedangkan observer hanya memperhatikan sikap dan tutur bahasa. Persiapan yang dibutuhkan adalah penguasaan materi, kepercayaan diri, be yourself, kejujuran, dan doa. Pewawancara sangat ramah, mereka menyambut calon pewawancara terlebih dahulu. Pas saya masuk ruangan dengan rasa gado-gado, mereka langsung menyapa dan menjabat-tangan saya. Meskipun bermodalkan kemampuan bahasa inggris pas-pasan, saya berusaha menggunakan bahasa inggris selama proses wawancara. Bahkan saya sempat bingung dan sempat dibantu oleh mereka. They will know who you are, just let them know who you are frankly. Berpikir positif dan menyampaikan informasi secara jujur adalah salah satu kunci keberhasilan. Wawancara berlangsung sekitar 30 menit dan serahkan hasilnya pada Allah SWT. Usaha terakhir adalah doa. Setelah itu,……… semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Selamat berjuang teman, semoga selalu dimudahkan segala urusannya.

    Salam
    Www.aulaandika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffar di nomor ini HUBUNGI WHATSAPP 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KLIK DISINI
















      Delete
    2. Ass,wr,wt saya atas PAK MHD IKBAL sangat berterima kasih banyak kepada AKI SOLEH atas bantuan pesugihan dana ghaib, kini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blog AKI SOLEH itu semuanya benar benar terbukti nyata dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha kami dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekarang sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan AKI,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses seperti ini, dan kami sekeluarga tak lupah mengucapkan banyak berterima kasih kepada AKI,,bagi anda yang ingin dibantu sama AKI SOLEH silahkan hubungi di 082 313 336 747 insya allah AKI akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan putih tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blog AKI KLIK SITUS KAMI 
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      Delete