Per Ardua Ad Astra

Wednesday, August 30, 2017

Pendakian Gunung Semeru 3.676 mdpl

This picture was taken from Kalimati on August 22nd, 2017.

                Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan termasuk 7 Summit Indonesia. Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa mempunyai titik puncak (Puncak Mahameru) 3.676 mdpl yang dikenal dengan sebutan Puncak Abadi Para Dewa bagi pendaki. Dikutip dari www.wisatabromo.com, Gunung Semeru terletak di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dengan posisi geografis antara 8o06’ LS dan 112o55’ BT. Selain itu, karena keindahan perbukitan sekitar Gunung Semeru dan Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru sangat diminati oleh banyak pengunjung. Hal tersebut terbukti pada layanan pendaftaran online yang selalu ramai. Pendaftaran online pengunjung bisa dilakukan minimal satu minggu sebelumnya melalui laman resmi www.bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.
Dikutip dari www.manusialembah.blogspot.co.id, jalur pendakian Gunung Semeru terbagi menjadi dua jalur yaitu jalur pendakian Ranupane dan jalur pendakian Ayek-ayek. Jalur Pendakian yang dibuka untuk umum yaitu jalur pendakian Ranupane, sedangkan jalur pendakian Ayek-ayek tidak dibuka untuk umum karena medan pendakian yang terjal dan masih terdapat ekosistem hewan liar yang dilindungi.
Pengalaman saya dalam Pendakian Gunung Semeru sangat berkesan dan pastinya penuh kenangan. Mulai dari persiapan packing, booking tiket kereta, dan menyapa relasi baru pun tak terelakkan.  Selain itu, pendakian yang berjumlah 16 ini juga cukup menguras energi fisik, psikis, dan tentunya materi selama pendakian berlangsung dari 21 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2017. Adapun deskripsinya sebagai berikut:

The sight of Ranu Kumbolo 2.400 masl was taken on August 22nd, 2017.

21 Agustus 2017
Jam 08.00 WIB Sesampainya di Stasiun Malang Kota Baru, kami berkumpul di luar stasiun. Kami pun saling menyapa satu sama lain karena sebagian besar dari kami memang belum kenal. Kami yang berjumlah 16 orang yaitu Bang Mex, Bang Yogi, Mba Sri, Bang Ipunk, Bang Nyoman, Bang Aldi, Bang Bayu, Bang Ocil, Bang Sulaeman, Bang Adib, Bang Udin, Mas Yusuf, Mas Wawan, Mas Slamet, Mba Del, dan Penulis (Adi). Kemudian langsung menuju persimpangan dekat dengan patung Singa, kami pun dengan segera bernegosiasi dengan pak supir angkot. Angkot pun siap mengantar kami ke Pasar Tumpang dengan biaya 100 ribu per angkot. Setelah perjalanan sekitar 30 menit, kami pun menuju rumah penyedia jasa jeep yang akan digunakan perjalanan dari Pasar Tumpang menuju ke Basecamp Ranupane. Setelah belanja logistik di sekitar Pasar Tumpang dan packing perbekalan, kami pun start dari Pasar Tumpang jam 13.00 WIB dan sampai di Basecamp jam 15.30 WIB dengan jeep. Biaya jeep yaitu Rp55.000 per individu untuk sekali jalan.
Di Basecamp, kami pun segera mengejar registrasi peserta karena jam kerja loket registrasi tutup jam 17.00 WIB. Pendaftaran peserta pun harus online jauh-jauh hari, dan di loket pendaftaran Basecamp hanya menyerahkan bukti pendaftaran online (per kelompok), dua fotokopi kartu identitas diri (per individu), surat keterangan sehat jasmani (per individu), dan mengisi daftar nama anggota serta daftar perbekalan yang akan dibawa. Setelah semuanya oke, biaya masuk pengunjung pun wajib dilunasi di loket registrasi. Biaya masuk pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada hari kerja yaitu Rp15.000 dan biaya asuransi sebesar Rp2.500. Kedua hal tersebut berlaku hanya untuk satu orang dan satu kali masuk per hari. Setelah urusan registrasi selesai, semua peserta akan mendapatkan briefing dari pengelola TNBTS terkait jalur pendakian yang diperbolehkan, hal-hal yang perlu diwaspadai, sumber mata air, medan pendakian, dan pastinya kekompakan tim. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan oleh pihak pengelola TNBTS.
Sebelum memulai pendakian, kami segera istirahat dan makan sembari merebahkan fisik sejenak di sekitar basecamp. Sekitar jam 20.00 WIB, kami pun berdoa bersama dan mulai trekking jalur pendakian Ranupane. Jalur pendakian pada saat malam hari perlu diwaspadai karena banyak cabang jalur yang membingungkan. Kami yang notabenenya belum pernah menjajahkan kaki di Gunung Semeru pun hampir tersesat ke jalur Ayek-ayek yang dilarang untuk pendakian karena medan yang terjal. Kami pun bergegas menuju jalur Ranupane.
Tujuan perjalanan kami yaitu Danau Ranu Kumbolo yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. Perjalanannya melewati hutan tropis yang masih lebat dengan pepohonan endemik yang akan terlihat menawan di siang hari. Namun suasana malam akan menambah nikmatnya perjalanan kami dengan diiringi bintang kehidupan. Begitu juga rasa dingin yang mulai menusuk relung kami, kami pun selangkah demi selangkah terus bergerak agar tidak mengalami kedinginan atau hipotermia. Medan di jalur pendakian Ranupane didominasi dengan tanah hutan tropis yang nyaman dilewati. Begitu juga rutenya yang cukup panjang dan tidak terlalu terjal. Sebelum sampai di Danau Ranu Kumbolo, ada beberapa pos yang akan dilewati yaitu Pos Landengandowo dan Watu Rejeng.

The peak already was seen at Jambangan.

22 Agustus 2017
Setelah berjalan sekitar 6 jam dari basecamp Ranupane, kami pun sampai di tepi sisi utara Danau Ranu Kumbolo jam 02.00 WIB. Cukup banyak tenda para pendaki yang sudah didirikan di sekitar tepi danau. Namun hal yang paling terasa bagi kami adalah rasa dingin yang menusuk atma kami, bukan hal tempat di mana kami akan mendirikan tenda. Kami pun dengan segera mendirikan tenda dengan tangan yang menggigil sembari menunggu rekan tim kami yang ada di belakang. Selepas itu, kami langsung istirahat dan menghangatkan diri dengan memasak air hangat.
Jam 06.00 WIB, sebagian dari kami memasak sarapan pagi dan sebagian masih merebahkan diri di dalam tenda. Beberapa juga jalan-jalan di sekitar tepi danau yang sedikit mengeluarkan uap asap di permukaan air danau. Rasa dingin juga tidak bisa terelakkan. Setelah memasak usai, kami pun menikmati sarapan bersama di tepi danau. Inilah momen yang cukup langka bagi para pendaki yang notabenenya tidak semua gunung mempunyai danau yang asri nan sejuk. Momen sarapan sudah selesai dan kami pun segera persiapan menuju Kalimati.
Jam 11.00 WIB, kami berdoa bersama dan mulai melanjutkan pendakian menuju ke Kalimati. Medan perjalanan dari Danau Ranu Kumbolo ke Kalimati melalui bukit tanjakan cinta yang cukup terjal tetapi terkenal, kemudian melalui oro-oro ombo yang didominasi savana tumbuhan berwarna ungu dengan medan yang landai, dan lanjut menuju Pos Cemoro Kandang yang cukup terjal dan terakhir di Pos Jambangan. Di Pos Jambangan, Puncak Mahameru (Gunung Semeru) sudah mulai tampak. Keindahan Puncak Mahameru memang tiada tara dari gunung lainnya di Pulau Jawa. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik para pendaki untuk selalu menyambangi Gunung Semeru.
Setelah berjalan sekitar 4 jam 30 menit, kami pun sampai di Kalimati jam 15.30 WIB. Dengan segera kami pun mendirikan tenda dan mengambil persediaan air bersih sembari menunggu rekan tim yang belum sampai. Air bersih berada di Sumber Mani yang bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 30 menit (pergi-pulang). Medannya cukup terjal dan perlu diwaspadai untuk tidak mengambil air pada saat malam hari. Hal tersebut menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengingat daerah sekitar Sumber Mati masih terdapat ekosistem hewan liar, seperti macan. Para pendaki pun dihimbau untuk menjaga kebersihan sekitar dan tidak melalukan hal-hal yang mengancam ekosistem mereka.
Jam 16.30 sudah selesai mendirikan tenda dan menyiapkan air bersih. Sembari menunggu rekan yang masih belum sampai, kami pun menikmati perkasanya Puncak Semeru dari area lapang Kalimati yang luas dan sebagian juga mempersiapkan makan malam. Jam 19.00 WIB, kami makan malam bersama dan dilanjutkan briefing untuk persiapan Summit Attack. Empat orang memilih tetap di tenda karena kondisi yang kurang memungkinkan dan 12 orang tetap lanjut Summit Attack. Setelah briefing, kami pun prepare untuk Summit Attack dan segera istirahat yang cukup.

Finally, the hardest peak that i have been through.

23 Agustus 2017
Jam 12.00 WIB bangun dan persiapan buat Summit Attack, khususnya perbekalan pribadi dan perlengkapan yang memadai. Perbekalan pribadi yaitu minuman dan makanan ringan yang cukup serta obat pribadi, sedangkan perlengkapan Summit Attack yaitu jaket polar, celana polar, sepatu, gaiter dan tracking pole. Setelah persiapan selesai, tepat jam 1.30 WIB dini hari, kami berdoa bersama dan meluruskan niat untuk ke Puncak Abadi Para Dewa.
Sebelum Summit Attack, perjalanan akan melewati Arcopodo dan Cemoro Tunggal yang merupakan batas vegetasi. Dari Kalimati menuju Cemoro Tunggal bisa ditempuh sekitar 1 jam. Medan pendakiannya berupa tanah vegetasi cemara yang cukup terjal dan suhu dinginnya tidak bisa dikompromi. Oleh karena itu, tidak sedikit para pendaki yang mengurungkan niatnya untuk menjajahkan kaki selama Summit Attack karena tak tahan dingin, muntah, pusing, dan sebagainya.
Setelah melewati Cemoro Tunggal sebagai batas vegetasi, para pendaki akan disambut dengan medan pendakian yang didominasi dengan pasir, kerikil, dan bebatuan. Inilah saat para pendaki diuji ketahanan fisik dan niatnya saat menuju ke Puncak Abadi Para Dewa. Medan pasir yang bercampur dengan kerikil sangat menguras energi fisik. Begitu kami melangkah maju ke depan, kami pun akan merosot ke belakang lagi. Setiap dua langkah kaki ke depan hanya untuk satu langkah maju ke depan. Hal tersebut juga ditambah dengan suhu dingin yang menusuk jiwa kami. Ibarat hal tersebut kurang cukup, angin pun turut menggoyahkan niat kami. Niat yang kami bawa dari kota masing-masing untuk menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan. Namun, tidak sedikit pula para pendaki yang memutuskan kembali ke Kalimati karena kondisi yang kurang memungkinkan.
Setelah 5 jam 45 menit, tepatnya jam 07.15 WIB dan dengan rasa syukut nikmat Tuhan, kami pun sampai di Puncak Abadi Para Dewa (Puncak Mahameru) di ketinggian 3.676 mdpl. Semua rasa lelah dan letih terbayarkan dengan rasa syukur. “Sungguh nikmat mana yang kau dustakan?” Dengan pengorbanan fisik dan mental selama beberapa hari pendakian, sungguh nikmat di Puncak Mahameru-lah semuanya akan terbayarkan.
Batasan jam di Puncak yaitu maksimal jam 10.00 WIB. Hal tersebut mengantisipasi bahaya wedus gembel yang dikeluarkan dari Kawah Kalijonggrang yang disinyalir akan mengarah ke Puncak Mahameru pada siang hari. Wedus gembel yang dikeluarkannya mengandung belerang yang sangat kuat dan dapat membahayakan keselamatan para pendaki. Oleh karena itu, kami turun dari Puncak sekitar jam 8.30 dan sampai di Kalimati jam 10.30, sekitar 2 jam perjalanan turun.
Jam 13.00 WIB persiapan menuju ke Danau Ranu Kumbolo dan tepat jam 14.00 WIB mulai perjalanan kembali menuju Danau Ranu Kumbolo. Perjalanan kembali terasa lebih ringan karena beberapa beban logistic sudah berkurang. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Danau Ranu Kumbolo. Tepat jam 16.00 WIB, kami pun segera mencari spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dan segera mendirikan tenda.

TIM HORE was our name. No Big Deal!!


24 Agustus 2017
                Jam 05.00 WIB persiapan untuk menyaksikan sunrise. Dengan rasa dingin yang menggoda kami untuk kembali sembunyi ke tenda, kami pun jalan-jalan di sekitar danau untuk mengurangi rasa dingin. Detik-detik menjelang sunrise pun tiba, tidak sedikit para pendaki yang mengabadikan momen di Danau Ranukumbolo yang terkenal keindahannya. Beberapa produser televise pun terpesona dengan Ranu Kumbolo yang dijadikan sebagai setting tempat pembuatan film. Oleh karena itu, tidak sedikit orang awam yang penasaran dan mencoba kemping di sekitar Danau Ranu Kumbolo.
Setelah 3 hari 3 malan di area Gunung Semeru, kami pun bergegas persiapan kembali menuju ke basecamp. Jam 11.00 WIB, kami mulai perjalanan dari Danau Ranu Kumbolo menuju basecamp Ranupane. Setelah sekitar 3 jam 30 menit, tepatnya jam 14.30 WIB, kami pun sampai di basecamp Ranupane. Istirahat sejenak sembari menunggu rekan tim yang masih di belakang, kemudian melapor pada loket registrasi dan menyerahkan sampah yang kami bawa.
Tepat jam 17.00 WIB, kami mulai menuju ke tempat penyedia jeep dan sesampainya di sana jam 17.00 WIB. Kami pun berpisah satu sama lain kembali ke daerah masing-masing. Ibarat pepatah “Tiada pertemuan tanpa perpisahan”, kami pun membawa pulang kenangan indah saat bersama dan hanya “Terima Kasih” yang bisa kami ucapkan satu sama lain. Salam Rimba!!

These people came from Yogyakarta and Surakarta




4 comments:

  1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas bantuan nomor togel.nya yang AKI
    berikan MAGNUM 4D yaitu ((( 3 3 5 9 ))) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,DI NO Cll (((082-313-336-747)))
    insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 145
    juta, wassalam.

    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....

    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..

    Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: Cll (((082-313-336-747)))
    KLIK DISINI ((((( BOCORAN TOGEL HARI INI ))))

    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kami sekeluarga ucapkan banyak terima kasih kepada KI RONGGO LAWE atas bantuan KI RONGGO LAWE kami sudah bisa membayar semua hutang hutang kami yang menumpuk setinggi gunung kami juga sudah bisah buka usaha KI RONGGO LAWE, dulunya si saya ragu ragu dan kurang percaya yang namanya pesugihan uang gaib tapi mencoba dan alhamdulillah ternyata KI RONGGO LAWE benar - benar bisa menbantu saya dengan pesugihan uang gaib sekali lagi terima kasih KI RONGGO LAWE salam sukkses selalu.
      kalau mau seperti saya hubungi KI RONGGO LAWE Tlp/WhatsApp : 0853-1403-1099, atau KLIK DISINI

      INILAH JENIS MACAM PESUGIHAN DAN BOCORAN TOGEL 2D 3D 4D 5D 6D.....
      KI RONGGO LAWE Tlp/WhatsApp : 0853-1403-1099, atau KLIK DISINI

      >PESUGIHAN TUYUL| PELARIS USAHA
      >PESUGIHAN UANG GAIB
      >PESUGIHAN JIN KHODAM
      >PESUGIHAN UANG ASMA
      >PESUGIHAN UANG SEPASANG
      >PESUGIHAN UANG BALIK
      >TRANSFER JANIN
      >PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL
      >PESUGIHAN NIKAH JIN
      >PELARISAN DAGANG

      Delete
  2. Saya ibu:lilis pengunjung baru di blog ini ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada
    Aki wali Sentono karna berkat bantuan pesugihan putih sebesar 2 Miliar yang Aki berikan saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan Aki wali Sentono awalnya saya kurang yakin dengan adanya pesugihan tapi dengan ekonomi tidak perna bercukupan di tambah hutang lagi menumpuk sudah berapa banyak paranormal yang saya hubungi tidak ada satupun yang berhasil malahan hutang-hutang saya bertambah banyak cuma Aki wali Sentono yang memberikan hasil melalui bantuan pesugihan putihnya akhirnya saya bisa sukses kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya ini semua berkat bantuan Aki wali Sentono bagi teman-teman semua punya masalah ekonomi / terlilit hutang mau sukses seperti saya silahkan hubungi atau sms di No. 0823-9369-4699 Aki wali Sentono atau kunjungi website •Klik disini PESUGIHAN DANA GAIB SUCI• saya akui beliau paranormal yang bisa di percaya karna betul betul memberikan hasil inilah kisa nyata dari saya ibu lilis tidak ada unsur kebohongan dalam hal ini terima kasih

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete