Per Ardua Ad Astra

Saturday, May 13, 2017

Perjalanan Jogja – Lombok

It's time to travelling. Loc: St. Lempuyangan.

Perjalanan dari Jogja menuju ke Lombok bisa diakses melalui jalur darat, laut, dan udara. Pada jalur darat kita bisa menggunakan berbagai kendaran darat seperti bis, kereta, travel, motor, dan mobil. Pada jalur laut tentu kita membutuhkan sejenis kapal ferry untuk menyeberang. Dan pada jalur udara kita bisa menggunakan pesawat. Pilihan tersebut tentu tidak lepas dari biaya perjalanan dan jalur udara merupakan jalur tercepat dan efektif untuk sampai ke tempat tujuan. Namun, beberapa pengguna jasa tersebut juga ada yang mengakses jalur darat dan laut yang lebih ekonomis dan tentunya menguras waktu di perjalanan. Pada kesempatan ini, cerita saya memilih perjalanan darat dan laut untuk menuju ke Lombok pada 23 April 2017. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

Stasiun Lempuyangan (Jogja) – Stasiun Banyuwangi Baru (Banyuwangi)
Jam 06.50 WIB berangkat dari St. Lempuyangan dan sampai di St. Banyuwangi Baru jam 21.00 WIB. Kereta yang digunakan yaitu Sri Tanjung kelas ekonomi. Biaya tiket cukup terjangkau sekitar Rp98.000. Di St. Gubeng (Surabaya), kereta berhenti cukup lama sekitar 15 menit dan waktu bisa dimanfaat buat beli nasi bungkus di sekitar stasiun (karena mengingat harga makanan di dalam kereta yang eksekutif). Sesampainya di St. Banyuwangi Baru, posisi Pelabuhan Ketapang tidak jauh, kita bisa menuju ke pelabuhan dengan jalan kaki selama sekitar 15 menit dari gerbang stasiun.

Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) – Pelabuhan Gilimanuk (Bali)
Jam 1.30 WIB dini hari start dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk dengan biaya tiket penyeberangan sebesar Rp6.000 dengan menunjukkan kartu identitas (KTP). Penyeberangan membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Dan perhatikan waktunya, perubahan WIB ke WITA sudah berlaku di Pelabuhan Gilimanuk. 1 jam lebih cepat. Jadi sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk jam 2.30 WITA dini hari. Dari Pelabuhan Gilimanuk langsung menuju terminal bis di luar pelabuhan, bisa ditempuh jalan kaki sekitar 10 menit.

Pelabuhan Padang Bay (Bali)

Pelabuhan Gilimanuk (Bali) – Pelabuhan Padang Bay (Bali)
Dari Pelabuhan Gilimanuk, kita menggunakan bis ekonomi yang langsung menuju ke Pelabuhan Padang Bay. Kalo bingung bisa tanya orang sekitar. Biaya yang keluar untuk sampai ke Pelabuhan Padang Bay yaitu Rp60.000. Perjalanan lumayan memakan waktu yang lama yaitu sekitar 5 jam, mulai dari jam 3.15 WITA sampai jam 8 WITA. Sesampainya di Padang Bay, kita bisa langsung memesan tiket penyeberangan.

Pelabuhan Lembar (Lombok)

Pelabuhan Padang Bay (Bali) – Pelabuhan Lembar (Lombok)
Setelah memesan tiket penyeberangan, kita membayar Rp40.000 dan akan mendapat kartu penyebrangan (tiket). Kartu penyeberangan diserahkan ke petugas sesaat sebelum menaiki kapal. Perjalanan dari Pelabuhan Padang Bay menuju ke Pelabuhan Lembar cukup memakan waktu yaitu sekitar 6 jam. Cerita saya, kapal start jam 9 WITA dan sampai di Pelabuhan Lembar jam 15.30 WITA. Selama penyeberangan, kita bisa menikmati lautan yang luas dan kita juga bisa melihat beberapa hewan air (lumba-lumba) yang dapat memanjakan dan menghilangkan rasa penat.


Demikian cerita singkat saya, apapun perjalanan kalian, darat, laut, atau udara, pasti mempunyai keuntungan dan kelebihan, terlebih perjalanan adalah suatu hal menyenangkan. Semoga bermanfaat dan salam travelling!!

0 comments:

Post a Comment