Per Ardua Ad Astra

Tuesday, January 5, 2016

Kuliahku bersama kalian, gengs!

(Kiri-kanan) Bayu, Nur Cahya, Adi, Caca, Ana, Rahman, Dewi, Widodo, dan
Zikril, diambil foto setelah kuliah Pendidikan Inklusi di semester 7. 
Tidak terasa sudah hampir 3 tahun dan 6 bulan terlewati bersama dalam kemasan kelas PLB C 2012. Dulu, pertama masuk UNY, OSPEK merupakan gerbang kebahagiaan kita menyambut embel-embel “mahasiswa baru”, dengan segala rasa percaya diri kita masuk secara resmi sebagai mahasiswa perguruan tinggi negeri – yang notabene mendapat cap baik di lapangan pekerjaan. Hari demi hari, bulan demi bulan, dan semester demi semester, telah kita tempuh bersama menghadapi materi kuliah powerpoint-nya “power teks”, perkuliahan yang mempunyai efek samping “kantuk”, kuliah yang selalu “di-PHP” oleh dosennya, kuliah yang selalu diisi oleh dosen “killer”, tugas take home sebobot skripsi (secara kuantitas), tugas observasi dan laporan yang se-abreg, tugas kelompok yang asal numpang nama dan NIM, UAS hafalan materi power teks, dan masih banyak lainnya, hahaha… entah apa yang ada dipikiran kalian gengs, saya yakin hal-hal tersebut akan terkenang dan suatu saat nanti pasti kalian akan membahasnya sebagai dampak dari rasa rindu kalian selama menempuh perkuliahan bersama di UNY.
(Kiri-kanan, atas-bawah) Zain, Bayu, Zikril, Adi, Ana, Ita, Rahman, Rakhma,
Dewi, dan Erlia, semester 3 masih terkenang dengan indah gengs, terima kasih.
Benar dan pasti, berapapun harga kenangan tersebut, tidak akan terbayar oleh uang dan waktu, kalian memang spesial di perjalanan hidup ini, kalian yang membuat saya mengenal, mendengarkan, memahami, mencintai, kecewa, menangis, tersenyum, bahagia, tumbuh dewasa, introspeksi diri,  termotivasi, dan kalian yang membuat saya menggoreskan kisah-kisah dalam perjalanan hidup ini serta membuat saya termotivasi untuk menjadi seseorang yang “berada”. Entah apa yang kalian pikirkan, salah satu yang membuat saya bertahan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi adalah kebahagiaan kalian yang mempresentasikan masa depan – generasi Indonesia – untuk berkontribusi secara aktif dan inovatif dalam pembangunan Indonesia di berbagai bidang.

Semester 7: kuliah Seminar Pendidikan Luar Biasa di ruang
F04-206, FIP, UNY.
Gengs, saya benar-benar mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman selama di UNY, tiada diskriminasi antara kita bahwa saya benar-benar menghargai ciri khas kalian semua, entah dari agama yang berbeda, entah dari suku yang berbeda, entah dari warna kulit yang berbeda, dan entah dari mana asal kalian semua, saya benar-benar bersyukur bisa bersama kalian, gengs!
Dan satu hal yang tidak bisa kita prediksikan secara pasti yaitu masa depan, seberapa terkenalnya kalian selama proses perkuliahan belum tentu menjamin kalian sukses di masa depan, dan seberapa sulitnya kalian menyesuaikan dengan proses perkuliahan belum tentu juga menjamin kalian akan menjadi orang yang biasa. Satu hal yang terpenting adalah bukan hasil akhir menjadi pribadi yang sukses atau menjadi pribadi yang biasa saja, melainkan seberapa lama kita bertahan dengan doa, usaha, dan proses yang sehat dan berdampak pada kebahagiaan orang-orang di sekitar.


P.S. Gengs, karena kalian, saya akan bertahan untuk menjadi pribadi yang selalu lebih baik dan lebih baik untuk masa depan yang lebih baik juga. Saya yakin kalian juga!!

2 comments:

  1. Ada yen, belum teraplod saja, besok diaplod kok, update terus kisahnya ya... :))

    ReplyDelete